18 Mar 2019

INI CARA SAYA MENDUKUNG TIM DARI SISI YANG BERBEDA

Kalau kita berbicara tentang klub sepakbola, tentu tidak terlepas dari suporternya. Antara klub dan suporter merupakan dua hal yang berkaitan, tidak bisa berdiri sendiri. Suporter ada karena berdirinya sebuah Klub yang mereka dukung, dan Klub Sepakbola juga bisa berdiri jika ada suporternya.
nah mungkin saya adalah 1 dari miliaran suporter di muka bumi ini.beberapa tahun ini menjadi suporter Martapura FC saya mempunyai satu sisi yang berbeda dengan suporter pada umum nya. selalu Berusaha Menjaga jarak dengan pemain. justru jarang sekali meminta foto atau tanda tangan ketika bertemu langsung dengan pemain Martapura FC.
Saya mempunyai alasan kuat memilih menjaga jarak dengan pemain Martapura FC. saya merasa jadi lebih lepas mengkritik pemain ketika Martapura FC bermain jelek. “Kalau saya dekat dengan pemain, otomatis akan segan jika memberikan kritik saat tim kalah. Kadang kalau ketemu langsung yang mengobrol biasa. Tapi tidak sampai terlalu dekat secara personal,”
memang Ada sedikit perbedaan pandangan dari sebagian suporter tentang bagaimana cara mendukung tim kesayangan mereka. Ada kelompok yang berpikir totalitas dalam mendukung tim berarti tim harus didukung dalam keadaan apapun, baik ketika bermain buruk maupun ketika bermain bagus. Begitu juga ketika menang, seri atau kalah. Dan kelompok ini seakan mengharamkan kritik terhadap pemain yang bermain sangat buruk sehingga sebabkan kekalahan timnya. Mereka berpendapat bahwa pemain yang bermain buruk tidak pantas dikritik karena dia sudah berjuang dan bermain dengan penuh semangat. Jadi bagi kelompok suporter ini kritik terhadap permainan seorang pemain yang bermain buruk adalah sebuah bentuk penghianatan terhadap loyalitas kepada tim yang didukung. Dan sering hujatan balik akan mereka berikan kepada sang pengkritik sebagai suporter glory hunter yang hanya mendukung tim ketika timnya menang.
Kadang pressure atau tekanan akibat kritik yg obyektif lebih diperlukan daripada pujian atau dukungan berlebih yang kadang membuat seseorang terlena sehingga tidak merasa ada kekurangan pada dirinya.
Mengkritik satu atau dua pemain tidak serta merta berarti mengkritik tim secara keseluruhan, karena bisa saja pemain lain bermain bagus.
Jadilah suporter untuk klub atau tim bukan cuman fans seorang pemain, yang pada kenyataannya pemain bisa berganti tiap musim. Kritik terhadap penampilan buruk seorang pemain adalah hal yang wajar dari seorang suporter karena pemain dibayar oleh klubnya untuk selalu menampilkan permainan terbaiknya, tapi haruslah dilakukan secara obyektif. Puji saat mereka bermain bagus dan kritik saat bermain buruk.

masing masing suporter mempunyai cara sendiri mendukung tim nya creatiflah, lakukan, dan jaga semangat itu agar tidak padam maka rasa bangga akan muncul dalam diri anda.

Tetap Kritis dan Es Teh manis
*Martapura FC Kudamping Hingga Akhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar